Gali Potensi Diri Anda!

Bisa Anda perkirakan berapa besar prosentasi otak kita yang telah kita gunakan? 90%, 80%, 70%, 50%?
No! Ternyata menurut sebuah penelitian ilmiah, potensi kemampuan otak manusia yang benar-benar digunakan hanya berkisar 3-5% saja. Einstein saja yang dianggap sebagai manusia jenius menggunakan maksimal 5% dari potensi otaknya. Ini yang biasa disebut pikirian sadar. Sementara 97% nya masih belum digunakan. Biasa disebut pikiran bawah sadar. Potensi luar biasa apabila kita mampu memanfaatkannya.

Bukti kerja pikiran bawah sadar yang sangat hebat, antara lain: memompa darah +/- 25,000 ltr sepanjang +/- 100.000 km pembuluh darah. 100.000x denyutan jantung perhari. Mata mampu membedakan lebih dari 10 juta warna berbeda.

Contoh kegiatan yang merupakan kolaborasi pikiran sadar dan bawah sadar, adalah menyetir mobil. Kaki kita bisa dengan ‘otomatis’ menyelaraskan kapan mengenjak rem, kopling, atau gas dan tangan kita memindahkan gigi. Semua bergerak berdasar respon yang diterima oleh mata kita. Melihat sekeliling, diolah diotak dan dikirim response untuk mengambil tindakan.

Semakin sering menyetir mobil, semakin mahir kita mengendalikannya. Jadi kuncinya adalah kebiasaan. Nah, pertanyaannya bagaimana kita membuat kebiasaan yang unggul?

Ada 3 hal dalam membuat pattern of excellent:
1. State
2. Believe
3. Identity

1. State Emotion atau biasa disebut ‘Mood’

Jaga agar mood Anda selalu dalam kondisi baik. Kalau mood sudah bagus, maka perilaku juga akan baik. Dan begitu juga sebaliknya. Untuk mejaga mood supaya tetap ok, ada trik yang bisa dicoba.

Postur tubuh. Upayakan selalu menjaga tubuh agar tegak, tidak condong ke bawah. Ada bisa rasakan kalau mood lagi tidak bagus, tubuh cenderung menekuk ke bawah.

Coba Anda bayangkan moment yang membuat Anda begitu bangga. Misal pada saat wisuda atau diangkat sebagai kepala bagian. Pada saat itu tubuh Anda tegak, mata berbinar, dan ada senyuman. Anda bisa menghadirkan moment itu bila dirasa mood sedang turun.

Atau biasakan tarik nafas yang dalam sampai dada anda mengembang. Tahan beberapa saat. Kemudian buang perlahan melalui mulut. Ulangi beberapa kali dan Anda akan merasakan rileks. Mood akan kembali up!

Trik yang lain. Pada saat mulai merasa moody, bayangkan peristiwa lucu: Tertawalah (tapi jangan ketawa sendirian didepan orang🙂 Tertawa itu sehat! Anda mungkin tidak pernah mendengar “Saya sedang stres nih” sambil tertawa terbahak-bahak

Kondisi emosional juga terbentuk dari ‘Internal Representasi’ . Bagaimana cara merepresenatsikan diri kita terhadp kenyataan. Karena sebenarnya manusia tidak meresponse terhadap kenyataan. Tapi merespon pada apa yang ‘tergambar dari pikiran’ terhadap kenyataan itu.

Buktinya: Pada saat Anda berjalan, 100 meter ada seekor ular. Bagaimana reaksi Anda? Umumnya takut, lari, menghindar. Karena ular tergambar dipikiran Anda sebagai binatang yang berbahaya, yang punya bisa mematikan. Sesuatu yang harus dihindari.
Bagaimana bila kenyataan yang sama terjadi pada pawang ular. Ketika 100 meter di depannya ada ular, maka dia bisa saja malah mendekat. Kemudian mengambil ular itu.
Ular tergambar dipikiran seorang pawang tentu saja mahluk yang bisa dikendalikan dengan mudah!

Nah, Bagaimana bisa satu kenyataan yang sama tapi reaksi berbeda. That’s how brian works! Merespon apa yang yang tergambar di otak kita, bukan kenyataan yang sebenarnya terjadi

Tips yang lain adalah dengan memilih pertanyaan yang berkualitas. Quality Question will give you Quality Answer!

Daripada bertanya: Mengapa bisnis saya gagal terus? dirubah menjadi: Bagaimana agar bisnis saya bisa berhasil?. Atau: Apa yang salah dengan tindakan saya? menjadi: Apa yang harus saya perbaiki dengan tindakan saya?

Belajar memilih pertanyaan yang bekualitas menjadikan tindakan Anda akan lebih berkualitas. Tindakan yang berkualitas cermin State anda yang prima.

Untuk yang ke dua Believe & Idenitity akan saya posting berikutnya.

Bagaimana Mood Anda hari ini?

2 Responses to “Gali Potensi Diri Anda!”

  1. Trisulo Says:

    Mohon ijin untuk meng-copy artikel diatas. Terima Kasih

  2. dani Says:

    Aku sangat bangga dan merasa senang dengan artikel diatasdan mohon di izinkan untuk mengkopynya..jawabannya di emailkan aje,,,makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: