The Japanese Way

Orang Jepang sangat identik dengan pekerja keras. Meskipun Jepang pernah terpuruk karena bom yang terjadi di Nagasaki dan Hirosima, ini tak menyurutkan Jepang untuk menjadi negara yang disegani dunia. Jepang saat ini berhasil membuktikan diri sebagai negara yang luar biasa. Bagaimana tidak? Anda dapat lihat perkembangan teknologi yang pesat di negara ini. Banyak inovasi besar bermula di Jepang. Belum lagi ditambah merek-merek asal Jepang yang merambah pasar dunia. Sebut saja, Honda, Toyota, Sony yang menguasai pasar dunia. Perusahaan-perusaha an Jepang memiliki visi menjadi perusahaan global yang terbaik di bidangnya masing-masing.

Di industri otomotif, Amerika agaknya perlu berhati-hati dengan langkah Jepang yang sangat ekspansif dan inovatif. Data terakhir menunjukkan bahwa Toyota saat ini memiliki dominasi pasar yang lebih besar di bandingkan dengan General Motor atau Ford Company. Belajar dari kisah suksesnya perusahaan global dari Jepang, paling tidak kita akan melihat beberapa persamaan diantaranya adalah fokus menciptakan produk unggulan yang berkualitas tinggi, kreativitas, keunikan dan inovasi, serta merek yang mengglobal.

Selain dikenal karena karakter pekerja kerasnya, perusahaan Jepang juga memiliki kerjasama yang erat dengan sesamanya perusahaan Jepang. Sedapat mungkin mereka akan menggunakan produk hasil kerjasama dengan perusahaan Jepang lainnya. Bila Anda mengamati mobil buatan Jepang, Anda akan menemukan bahwa suku cadang dalam mobil tersebut juga berasal dari perusahaan Jepang lainnya. Sebuah mobil produksi Toyota misalnya akan menggunakan sukucadang dari Denso, Yuasa, Bridgestone. Beberapa perusahaan Jepang saling memiliki saham di perusahaan Jepang lainnya. Model ini yang banyak dikenal dengan istilah cross shareholding. Sungguh sebuah kerjasama yang hebat. Ikatan antar sesama perusahaan Jepang memang dikenal sangat kuat. Sampai-sampai beberapa rekan pernah mengatakan bahwa bila Anda berhasil menjalin kerjasama yang baik dengan salah satu perusahaan Jepang, maka biasanya ini akan menjadi referensi bisnis yang efektif bagi Anda untuk dapat menjalin kerjasama yang lebih luas ke perusahaan Jepang lainnya.

Pola berkembangnya perusahaan-perusaha an Jepang menjadi inspirasi bagi banyak organisasi dunia. Prof. Jeffrey K. Liker dalam bukunya The Toyota Way mengulas secara lengkap bagaimana kinerja Toyota dalam membangun sebuah korporasi kelas dunia. Toyota adalah salah satu perusahaan Jepang yang menarik untuk dipelajari selain Honda, Sony, Matsushita. Mulai dari proses produksi, pembangunan standard kerja yang kokoh, sumber daya manusia yang berkualitas, inovasi sampai dengan continuous improvement, perusahaan Jepang memang ahlinya.

Bagaimana dengan organisasi kita yang ada di Indonesia? Siapkah kita mengglobal? Dengan kerja keras serta didukung SDM yang berkualitas, perusahaan lokal juga sejatinya memiliki kesempatan yang sama dengan perusahaan asal Jepang untuk mengglobal. Tentu SDM kita menjadi ujung tombak dalam menggerakkan inovasi dalam organisasi. Dengan mengadopsi dan mengadaptasikan nilai-nilai yang menjadi kunci keberhasilan dari perusahaan Jepang ke perusahaan lokal, niscaya kitapun dapat mengelola organisasi dengan lebih baik dan membawanya ke tingkat yang lebih tinggi agar dapat berkompetisi dengan perusahaan kelas dunia lainnya. Ketika organisasi di negara seperti Jepang dapat melakukannya, tertinggallah sebuah pertanyaan besar bagi kita semua. Apakah kita sebagai individu merupakan bagian dari SDM yang berkualitas atau malah sebaliknya? Apakah etos kerja kita sudah selevel dengan Jepang? Apakah kita berorientasi pada inovasi? Apakah kita concern untuk membangun merek yang mengglobal? (MJ)

Salam Transformasi!

Men Jung, S.Kom., MM
Transformation Coach & People Development Trainer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: