BAGAIMANA KEMAMPUAN KITA BERHUBUNGAN

Posisi apapun dalam organisasi memerlukan tingkat kemampuan yang berlainan. Bila kita amati, seorang sekretaris ataupun staf administrasi diperlukan kemampuan teknis keadministrasian ataupun kesekretariatan yang baik. Tetapi bagi seorang pimpinan organisasi kemampuan teknis tersebut tidaklah benar-benar harus mahir, dia dapat memberikan perintah kepada karyawannya untuk melakukan pekerjaan tersebut. Tetapi pimpinan mesti mempunyai kemampuan yang mumpuni bagaimana mengambil sebuah keputusan yang taktis dan tepat bagi organisasi, membawa kompas tujuan organisasi ke masa depan, bahkan memastikan keseimbangan kapal agar tidak karam. Bagi seorang sekretaris maupun staf administrasi kemampuan tersebut tidaklah banyak diharapkan. Diibaratkan sebuah segitiga, posisi keduanya saling berbalikan yang satu berada diatas puncak sedangkan yang lain berada di bawah puncak

Betapapun tinggi atau rendahnya jabatan kita di dalam organisasi atapun perusahaan siapa yang perduli ketika dihadapkan kepada tuntutan kemampuan di dalam membangun hubungan dengan orang lain. Mengapa demikian ? kemampuan berhubungan adalah salah satu kunci pembuka keberhasilan kita di dunia pekerjaan. Tiada salah, pembeli pasti memerlukan penjual maupun sebaliknya. Keduanya membutuhkan kemampuan berhubungan satu sama lain. Keberhasilan yang hakiki tak mudah diperoleh bila kemampuan berhubungan baik dengan orang lain tidak kita miliki meskipun kemampuan-kemampuan lainnya kita kuasai dengan sangat baik.

“Banyak orang yang tahu mengapa hanya sedikit orang yang bisa
mengerjakan apa yang mereka tahu. Anda harus melakukan sesuatu dan tidak cukup hanya dengan mengetahui sesuatu ” (Erwin Arianto)

“Jangan takut meninggalkan orang yang hanya memanfaatkanmu. Teman yang tidak bermanfaat ketika kesempitaN melanda, lebih dekat jaraknya ketimbang orang yang engkau anggap sebagai musuh (Imam Syafei)

sumber: Erwin Arianto,SE

 

Life for Success

Regards,

HENDRY RISJAWAN

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: