10 Jurus Mempertahankan Cinta

Kadang-kadang kita bingung, mengapa ada orang yang bertahan sedemikin lama dalam hubungan cinta atau perkawinannya, tapi ada juga yang putus di tengah jalan. Konon, ada beberapa hal yang menyebabkan hubungan tetap awet, yaitu:

 

 *1* Komunikasi

Kebahagiaan ditentukan oleh dua orang. Berarti, mesti ada timbal balik. Salah satu cara mencapainya adalah dengan komunikasi. Bila Anda sudah mulai berakting seperti orang asing dengan pasangan, artinya Anda kehilangan komunikasi.  Komunikasi tak berarti hanya bicara, tapi juga mendengarkan. Adopsilah  sikap yang baik dalam berkomunikasi, yaitu mendengarkan orang berbicara  sampai selesai, sebelum Anda mengutarakan pendapat sendiri.

 

 *2* Kejujuran

Memang banyak orang yang merahasiakan sesuatu dari pasangannya. Kadang-kadang, menyembunyikan sesuatu bahkan jadi jalan keluar yang terbaik. Tapi, lebih banyak lagi pasangan yang berpendapat bahwa justru kejujuranlah yang membuat perkawinan atau hubungan mereka bertahan lama. Boleh jadi, kebenaran itu pahit ketika didengarkan, tapi kejujuran akan menyelamatkan hubungan.

 

 *3* Rasa saling percaya

Betapa pahit dan sedihnya hidup ini apabila Anda terus-terusan tegang dan curiga, apa benar semua yang dikatakan pasangan. Misalnya, ketika ia pulang terlambat dengan alasan macet atau ada rapat mendadak, haruskah itu  selalu jadi bahan kecurigaan? Bila ada rasa percaya, hal-hal kecil semacam  itu tak akan pernah jadi ancaman.

 

 *4* Tertawa

Hampir semua orang mengakui bahwa tertawa adalah obat mujarab bagi suatu hubungan. Bahkan dalam saat-saat yang memalukan, ledakan tertawa bisa jadi penyelamat yang menyejukkan suasana. Lakukanlah hal ini, dan buat kerut-merut di ujung bibir Anda menjadi sesuatu yang menyenangkan.

 

 *5* Berteman dengan pasangan

How can we be lovers, if we can’t be friends, kata Michael Bolton dalam salah satu lagunya. Ia benar, sebab bercinta dengan orang yang tidak bisa jadi teman, tak akan bertahan lama. Hubungan cinta, butuh lebih dari sekedar emosi.

 

 *6* Saling menghargai

Tak ada hubungan yang sukses bila seseorang memandang rendah pasangannya. Harus ada respek, harus ada penghargaan dalam meniti hidup ini. Dari siapa lagi hal itu diperoleh bila bukan dari pasangan sendiri? Tapi, jangan lupa, untuk memperoleh respek dari pasangan, Anda harus menghargai diri  Anda terlebih dahulu.

 

 

 

 *7* Cinta sepanjang masa

Apa namanya hubungan asmara tanpa cinta? Jadi, yakinkan diri Anda, mencintainya dan ia mencintai Anda. Dan kedua orang ini harus yakin akan hal itu.

 

 *8* Kompromi

Seperti ketika kita mempelajari ilmu ekonomi, kita tahu bahwa keseimbangan akan tercapai bila kurva permintaan dan penawaran bertemu pada satu titik. Dalam percintaan, hal ini tak jauh beda. Keinginan Anda darinya, dan begitu pula sebaliknya, perlu kompromi untuk mencapai keseimbangan. Ada hal kecil yang harus Anda korbankan untuk memperoleh kebahagiaan. Begitu pula sebaliknya.

 

 *9* Saling memaafkan

Beri maaf dan jangan menyimpan dendam. Untuk kesalahan yang sedemikian besar, ‘hukum’ ini juga tetap berlaku. Sekali Anda melempar dendam, maka hubungan tak akan bertahan lama.

 

 *10* Doa

Tak perlu orang yang sangat religius untuk melontarkan pendapat ini. Bila Anda menyertai hubungan cinta Anda dengan penuh doa dan mohon kemurahan-Nya

untuk memberkati kehidupan Anda berdua, maka hubungan Anda akan senantiasa

diberkati dan awet selalu.

 

Semoga berhasil !!

33 Responses to “10 Jurus Mempertahankan Cinta”

  1. sidik Says:

    kalau menrut ak ga ada yang perlu di pertahankan dalam hubungan karna kalau kita sudah ta nyamung lagi untuk apa harus dipertahan kan mungkin yang terbaik buat kita bukan dia.
    mungkin juga akan ada seseorang yang sangat – sangat menunggu kita

  2. Ndoe Says:

    Kalo gue sih selama ini asik2 aj.

  3. yulius love elis Says:

    klo emg slg mncintai, hubungan cinta tu hrs dipertahanin. kyk gw ma ce gw wlpun sm2 g diijinin pcrn, gw ma ce gw msh ttp jalan ampe 2 th.bayangin 2 tahun backstreet. cz cinta antara qt g pnh salah…

  4. ayu widya Says:

    yach…menurut aq itu bener juga..
    tapi terkadang rasa curiga n ingin mgetahui pakah bener ato tidak selalu muncul
    mungkin aq coba tips ini..
    semoga berhasil..
    aq gk mw hubungan’q ney sia2…

  5. Sukro Says:

    mank bner ce………
    tpie klo’ rsa ma’apin 2 susah bgt…………………
    pa gi klo’ dia uda slingkuh………………….

    OJOK TAKOK RASANE……………..

    • Edwin Says:

      mang bener, SELINGKUH adl kesalahan terbesar dari suatu hubungan
      mang kita sulit tuk mfin tapi semua i2 kembali pada pribadi kita bro
      mnrt gw prinsip dari segala prinsip cinta adalah LOHAN (Love, Honesty n Understanding).ok.nice to meet u

  6. Hinato azima Says:

    Ak akn slalu brusaha gawe mncntai Asis Ariyanto, org yg slma kie ak cintai.
    Mski ak gk gtoe pcya mbek cinta???

  7. dian Says:

    bgmn jika anda jd org k 3,tp smkin lama si dia lebih nyaman dgn anda. apakah kita salah sbgai org k 3,krn yg saya tau wanita tu harus d sygii bkn d sakiti

  8. dian Says:

    gw br tau loq cinta tu btuh pengorbanan yg lebih,bhkan lebih di luar pikiran kt smua.smpai2 gw rela di permalukan d dpn org bnyk,tp tdk tu sja rintangan a.msh bnyk lg rintangan yg menunggu d dpan,tp gw da siap dgn tu smua,krn gw ga mo kehilangan cinta gw lg.jd jgn pernah lo lo smua berfikir loq cinta tu hny butuh pengorbanan sebatas shopping,dinner,nonton dll

  9. Hinato azima Says:

    @Dian : qt wanita emank ruz dsayangi…
    Tp bukankah org p1 pcr cow qt toe jg wanita??
    Jd qt ruz puny dkit prasaan ae gwe orLa. Truz lo’ msaL e km dk posisi e cew p1 pcr km gmn???

  10. Hinato azima Says:

    Ak capek. . .
    Huft…T.T

  11. tahi kucing Says:

    cinta itu tahi kucing, selama melihat tahinya engkau tidak akan menemukan apa arti cinta yang sesungguhnyaaaaaaaaaaaaaaaaaaa,…
    oce preeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen,………………
    cinta itu tahi kucing, selama melihat tahinya engkau tidak akan menemukan apa arti cinta yang sesungguhnyaaaaaaaaaaaaaaaaaaa,…
    oce preeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen

  12. icuut Says:

    menurut w cinta itu patut di uji,,,
    kalo ingin setia kita hanya bisa ikuti kata hati kita ajja,,,
    and berusaha dewasa, egoisnya di kuranginn…
    and semuanya tergantung kita,,kalo ada kemauan pasti itu lah yg terbaik,,,,

  13. andre Says:

    ya,, memang yang pertama adalah komunikasi,,
    sekedar berbagi saja, hubungan saya yang mulai jai rumit karena kuran gkomunikasi dan akhirnya harus berujung tragis,, jadi bagi pasangan2 jaga lah komunikiasi supaya tetap terjaga sengan baik

  14. nanda Says:

    kami saling sayang tapi berantem trus,
    banyk bgT masalah yang datang menghampiri hububngan kami…
    apa yang harus saya lakukan??

  15. dayan Says:

    ia sih kejujuran lah menbuat kita mencapai segalanya

  16. saddam husein Says:

    y….. 10 trik yg sgt tpat
    tp ngomog2 ap kt bs mnjlnkn tu smw y??????????

  17. sahrani Says:

    iya sih mempertahankan cinta dgn cara@ tersbt tp bagaimana klo suami kita msh ingat cewek lain walaupun kita udah terapkan itu semua??????????????

  18. kevin Says:

    eeeehhh,,,lha klo qta prhtyn bgt,,,tp dy malah blng lebay gmn?????????

  19. zaza Says:

    emmmmmm…..tP klW QT saMa2 nGGak bSa sLIng meNGert g5n …????pa lG sAMa2 eGOIsnya……?????

  20. angel Says:

    aku mencintainya dan aku pun yakin dya mencintai ku . tapi knpa , pkran negatif ntu masih sering muncul ? ? . susa untuk ku menghilangkan trauma yg dlu wlo ku yakin yg skrng akan berbeda .

  21. Luna Says:

    Q ska ma tips nya ,,🙂
    aplg bwt Q yg jalanin cinta jarak jauh ,, d psahin lauatan n pulau ,,

  22. whuland Says:

    ihhhhhhhhh sumpah ue pengen bgt seriusss sma dia skrg. coz ue cynk bgt ma dia. I LOVE YOU CYNK AQU

  23. alfath Says:

    ya tapi kalau co kita.n g bisa ngerti²in kita gmn???pdhal kita ud cinta bgt sm co kita ??
    solusi.n doongg😥

  24. yulian. Marongga Says:

    Cinta itu sakit banget,…..
    dikit2 selingkuh………….
    cinta itu……………………. Tdk indah Menyakitkan…………….

  25. ad Says:

    cinta itu ga cuma dikatakan,,,tapi dilakukan,,,
    butuh kepercayaan,butuh keterbukaan,dan itulah yang sulit bagiku,,,,

  26. Yosia Ratrika Utami Says:

    like it

  27. deniezz unintended Says:

    ngga da perjanjian pa pun di dalam percintaan dan cinta selalu mendatangkan kebahagiaan, bagaimana jika tidak bahagia?
    ehmmm itu namanya bukan cinta,,,,,,
    yang jelas rumus yang selalu berlaku
    mempertahankan lebih sulit daripada mendapatkan, itu yang menyebabkan banyak orang memulai cinta karena pada permulaan betapa indah dan syahdunya maka itu yang menyebabkan banyak orang memulainya

  28. Llhisyaa cllaluthaw Says:

    Okey…thank’s ea;->:-> akan au praktikan 10 juru5 ithuw

  29. novriza Says:

    dia gue end…

  30. joyce julianti Says:

    bagus bangat..aku jadi lebih dewasa:)

  31. ieyna Says:

    Trma ksih dgn tips’y ya…bla sy m’ngikuti tips ney..hbgn sy gn bf sy smkin b’tmbh erat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: