CARA MEMBUAT GROUP MEETING

Difinisi Group Meeting: Pertemuan rutin yang dilakukan dengan group usaha/ rekan kerja anda

Kenapa harus ada/Tujuan:

Mengantisipasi setiap permasalahan yang timbul secara dini

Memotivasi

Penyampaian informasi

Meningkatkan keakraban/kekeluargaan

Mengingkatkan pengetahuan

Meningkatkan skill, pada saat mau tidak mau membuat GM sendiri maka seseorang akan merasa kan pertumbuhan yang SANGAT PESAT dalam diri sendiri. Karena dengan sendirinya harus mempunyai banyak bahan dari buku/kaset dan mulai menuangkan ide dan kreatifitasnya.

Bagaimana Melaksanakan:

  

  1. TEMPAT, a)Indoor; b)Outdoor

Bisa dilakukan didalam kota atau di luar kota

*Bentuk acara indoor dalam kota (kantor-rumah pindah2 sambil kenal akrab dengan keluarga): Bedah Buku, dengar kaset bersama, menangani permasalahan (-), teaching, motivasi, berbagai pengalaman mengenai produk dan bisnis (+), memberikan penghargaan (appluse untuk yang gabung baru 1 minggu dapat 10 DL)

*Outdoor dalam kota: Sambil refresing (nonton-olah raga)  bersama melakukan blind prospek- Khusus untuk melakukan blind prospek(mall-kebon binatang-tempat keramaian), renang, basket, sepedaan, lari pagi.

*Indoor luar kota:idem tetapi mempunyai nilai lebih-MLK,

  suasana berbeda

*Outdoor luar kota:

Nilai lebih luar kota:

    1. waktu lebih panjang
    2. peserta lebih konsentrasi dan fokus
    3. suasana yang berbeda, udara-pemandangan-penampilan peserta yang relax
    4. variasi kegiatan lebih banyak
    5. keakraban lebih terasa
    6. hasil lebih optimal
    7. Perhatikan jumlah peserta untuk MLK (min 5 – max 30)
  1. Waktu
    1. periode: 2 minggu sekali (frekwensi bertemu dengan DL)
    2. Berapa lama pelaksanaan:tergantung kebutuhan/tujuan yang ingin dicapai
    3. Pemberitahuan dilakukan 1 minggu sebelumnya (kecuali mendadak)
    4. Pemberitahuan dilakukan secara berantai tetapi lakukan cross chek pada titik terdalam
  2. Siapa yang diajak: Tergantung Bentuk meeting
  3. Bentuk 2 Group
  4. Bagaimana Cara mulai group meeting:
  5. Isi Acara:

A. Permasalahan/problem solving.

·        Menanyakan kepada leader dibawahnya masalah apa yang timbul

·        Kalau tidak tau  segera konsultasi, kita sebagai upline harus peka jika masalah itu sulit maka upline mendampingi.

·        Ada 2 cara menanganinya:

      a. tidak perlu tanya, tapi langsung diberikan pemaparan/materi: mis rebutan DL…. Tidak ada yang berkembang-kita bertuhan pasti kita diberi yang lebih besar

 b. Waktu kita lempar ke GM ada problem apa-hambatan/halangan yang mereka hadapi yang harus dilakukan:

     c.dengar dulu sampai selesai

     d.timbang dulu jawaban yang ingin anda berikan

1. Apakah jawaban itu bisa memicu hal yang negatif– dengan pertanyaan “Gimana saya punya prospek dia tidak masuk tapi memberikan ref 5- 3 beli barang sedang 2 mau bergabung? Jika jawaban kita:….ya sudah masukkan kita sendiri-BV kita ambil, jawaban yang lebih bahaya:”OH YA NGGAK PERLU DIHUBUNGI KITA KHAN LANGASUNG DAPAT 2 KAKI KHAN ENAK” – ini akan memicu pemikiran NEG; yang baik…. Ini lho ref. Hasilnya seperti ini… keuntungannya seperti ini ,

 2. Menyulut permusuhan-dengan pertanyaan DL saya punya prospek ternyata ikut orang lain…. JANGAN OMONG Oh iya siapa itu nanti saya urus….. SEMESTINYA jawaban… gini ceritakan dulu nanti akan coba saya tanyakan… semua masalah pasti ada jawabannya mungkin dia sudah dipresentasi terlebih dahulu; atau contoh lain…..ITU KOK GITU YA BIASA SUKU YANG SEPERTI ITU.. JANGAN DIBERI JAWABAN AHHH ITU BIASA ORANG YANG SUKU, AGAMA ITU BIASA SEPERTI ITU…. TETAPI JAWABANNYA ADALAH BUKAN SEPERTI ITU, ORANGNYA TIDAK DEMIKIAN KOK SAYA TAU SENDIRI BANYAK YANG SUKU SEPERTI ITU AGAMA YANG SEPERTI ITU SEMUA BAIK (ENTAH ITU UL/DL/CROSS LINE),

3. Menimbulkan persepsi yang salah…”Lho berarti setelah bisnis kita besar di sini kita bisa santai ya” JAWAB YANG SALAH… “oh ya kalau kita punya jaringan yang besar,Dl banyak, omzet bagus, mereka bekerja terus kita bisa santai wwah enak sekali. JAWBAN  yang BENAR: Semua orang di semua bisnis itu khan setelah mereka berjuang mereka akan  mengalami pertumbuhan. Siapa yang berjuang, berkorban waktu lebih banyak, tenaga lebih banyak akan mendapatkan hasil yang baik dan itu juga berlaku untuk anda dan saya.

4. Apakah jawaban itu bisa membuat marah yang bertanya. Hati2 waktu menjawab, perhatikan bagaimana sikap tubuh kita, intonasi kita dan jawaban kita. Cth ”Kenapa selama ini saya kesulitan mendapatkan DL” dijawab dengan nada yang tinggi dan bentuk tubuh yang sombong mempermalukan… lha anda training nggak pernah … males lha gitu mau dapat DL. Atau pertanyaaan tadi anda jawab dengan… Lha anda SMA tidak lulus, … makanya jangan Goblok2….,… lha modelmu kaya orang kere/mlarat,

5. Apakah jawaban itu menjawab permasalahan yang ada. Pengapuran pake apa,ya pakai vacum cleaner trus tertawa dan lupa menjawab, akhirnya pulang DL itu tidak mendapat jawaban dan dia merasa Uplinenya tidak profesional. Atau pertanyaan…. Aku kok nggak maju2 dan tidak besar2…JWB-annya  YA BERHENTI AJA, MATI AJA… dan dilakukan di depan group meeting lagi.

Kalau tidak tau jawabannya/ ragu2 JANGAN SOK karena akan lebih berbahaya. Konsul ke upline

 

B. Informasi: Schedule, ada buku-buku/ kaset2 baru,training2 terdekat diedifikasi, dan segala macam informasi baru yang ada. Harus diinformasikan ke semuanya,juga teruskan informasi itu kepada orang yang berhalangan hadir.

 

C. Teaching: Berikan hal2 yang masih lemah di kelompok anda mis: Teknik Closing untuk menghadapi ibu RT, mahasiswa, karyawan dan teknik itu berbeda2; Cara mempromosikan 3M-dengan memiliki tiket terlebih dahulu dan hal2 yang berkaitan dengan pengembangan jaringan ; kalau belum memahami konsultasikan.-Kalau memungkinkan selalu selipi dengan cerita2 yang menarik atau game2 yang sederhana untuk membuat lebih hidup.

     

      D.Sharing: Lebih ke arah keberhasilan mengenai produk (testimonial2 yang ada)-perkembangan yang terjadi meski belum sembuh benar dan bisnis-mudahnya memasarkan produk HD… Tidak harus dari pembawa acara tetapi boleh dari anggota GM mis: si A baru closing pengusaha,dsb. Dalam sharing ini pemimpin acara harus bisa mengendalikan acara (harus berani omong…. Memotong jika terlalu panjang….MIS: saya punya sdr… dari ayah… sejak SMA…. Hub akrab dan omong yang bertele2 dalam hal ini pembicara harus berani memotong: LHO pakai apa? ABG … ya tepuk tangan untuk keberhasilan ini.(DIAJARI CARA MEMOTONG PEMBICARAAN)

 

      E.TARGET, untuk masing2 individu pribadi…selama 2 minggu kedepan apa yang mau dikerjakan.Mis:

       a)1st line 3 target saya menambah 3 1st line lagi…. Dan upline harus lihat jika ternyata masih kurang maka harus ditambah.

      b.) Dia mau membantu siapa? Mis membantu A untuk mendapat kan 2 1st line-B untuk menjadi DM.

 

      F.CHALLENGE, yi. semua target yang ada hadiahnya

      Ada hadiah2 kecil sesuatu yang berkaitan dengan perlengkapan yang   dibutuhkan  mis: buku-kaset-bolpoin.

    Bisa diraih/tidak terlalu sulit untuk diraih

     Mudah dimengerti/ tidak membingungkan.Jika belum pernah membuah challenge konsul ke Upline

     Mengenai bawa berapa DL ke BMW, BEST, RTS, atau jika DL kita bisa DM- 3 bulan berturut2. Kenaikan omzet sesuai dengan prosentase yang sudah digariskan

     Berapa investasi untuk challenge (konsultasikan kepada upline diamond aktif anda)

 

      G. EVALUASI,

      a)Target yang dicanangkan pada GM sebelumnya. Jika berhasil di tepuk tangani. PENGHARGAAN,  yang berhasil menjadi new ADM, SUP, DM.

      b)Evaluasi hasil dari kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya mis:GM sebelumnya dari hasil bedah buku/ kaset; BMW, BEST, RTS …. Gimana dengan orang yang dibawa ke BMW/BEST…Berapa orang yang dibawa, hasil gimana?sudah jalan, sudah bisa presentasi, sudah dilakukan pendampingan atau belum;

      c) challenge.

 

      H.PENGHARGAAN,

a)      Begitu dia mencapai target langsung diberikan applause

b)      jika ada Challenge-serahkan hadiahnya di depan peserta group meeting

c)      lakukan edifikasi terhadap keberhasilan DL yang patut diedifikasi

      I.PROMO,

      a)diajukan ke semua distributor yang hadir di GM;

      b)Bisa berupa kaset/buku murah, info pack murah, potongan BEST/BMW c)Konsultasikan ke upline (jika belum bisa) supaya efektif

 

      J.MOTIVASI,

    Kemampuan di pelajari dari public speaking

    Ditinjau dari permasalahan yang ada dalam jaringan. Contoh :   sebelum kita akhiri acara group meeting ini… ada sebuah perbedaan antara orang yang gagal dan berhasil.. Hambatan buat orang gagal merupakan batu sandungan tetapi untuk orang yang berhasil malah menunggu hambatan untuk sesuatu yang bisa dipelajari untuk meningkatkan kemampuan Dan saya yakin kita semua disini adalah pemenang…. Hal ini bisa dilakkukan jika kita punya bahan yang ingin kita berikan mis dari: Chiken Soup-Why winners win-Berani gagal-ikuti kata hatimu  dsb. Oleh karena itu PERBANYAK  MEMBACA BUKU DAN KASET.

 

K. Bedah Buku:

·        Informasikan pada GM sebelumnya

·        Diwajibkan untuk membaca (pimpinan GM sudah menguasai)

·        Hati2 Bedah Buka BUKAN sekedar membacakan ulang tetapi mengulas dengan pengalaman2 dan contoh2 cerita.

·        Sesuaikan dengan kebutuhan untuk awal/distr baru jangan membahas teamwork atau leadership (dist awal: CASH FLOW QUADRAN, BUSINESS SCHOOL, BIG AL, 6 SIKAP PEMENANG, BERPIKIR DAN MENJADI SUKSES, MENCARI KAWAN, SKILL WITH  PEOPLE (big al)

·        Tidak harus semua bab dibedah, bisa dibuat berseri tidak habis pada waktu itu juga. Konsul dengan upline apakah yang membawakan bedah buku tersebut sudah enak/blm.

·        Resume, kesimpulan setelah membedah….Mulai sekarang kalau presentasi dengan first line harus berdua

 

L.Bedah kaset:

     Bisa dilakukan dengan 2 cara:

     Mereka disuruh mendengarkan dan mencatat terlebih dahulu:(50 penyebabkegagalan-16 persepsi yang salah-FU-Prospecting…. Kaset kejadian mendengar kaset pak Jul terus mempresentasi semua satpam ternyata tidak ada yang masuk) Pembahasan mengenai sudah mengerti belum apa yang ada di kaset… mis pikiran positif, Tuhan merencanakan manusia menentukan berarti kita harus fight kalau tidak kita tidak direstui dan diberikan olehNYA. Mis MG depan membahas point 1-15 dari 50 penyebab kegagalan

    Sama2 mendengarkan pada saat itu juga:(pantang menyerah… membayar di depan, talk show with Julianto parent… bayar didepan,menang lewat melayani … sama dengan kasus anda – membuat bom ternyata tidak ada yang datang… itu hal yang biasa jadi siap2lah; ss anggrek… tidak  berarti melawan tetapi memiliki keyakianan/prinsip yang kuat; yang tidak disukai diamond)… arah ke MOTIVASI dan PENGERTIAN… Permasalahan itu sama dan Pasti akan timbul dan SELALU berulang Kita harus bersiap2 untuk menghadapi. Diri kita selalu harus berubah dan berkembang untuk menghadapi problem2 tersebut. (jika kita putarkan kaset maka max 2 kaset)

**Untuk group yang anggotanya baru meeting group dengan kaset sangat efektif sekali sama dengan kita mengikutkan orang tersebut di session BEST. Kaset2 legendaris yang bisa membuat orang tersentuh, itu bagus sekali untuk mencuci otak orang.

àMacam kaset:

Pemula: Talk show with jul’s parent, Menang lewat melayani- 50 penyebab kegagalan–FU–Prospekting-14 persepsi-Jangan ada alasan (lutfi)- Yang tidak disukai daimond-SS

 

  1. Cara melakukan group meeting:

a)      Buat persiapan dengan baik mengenai materi2nya

b)      Siapkan diri anda 1 jam sebelumnya

c)      Persiapkan peralatan yang dibutuhkan mis: promo2 yang disiapkan sebelumnya

d)      Dibuka dengan Yel2 yang bersemangat

e)      Informasi, motivasi, target, evaluasi, penghargaan mutlak harus ada di setiap group meeting

f)        Ditutup dengan Yel2 yang bersemangat serta komitmen

 

  1. Kapan Multiplikasi (group meeting yang harus dipecah)

·        Punya 10-20 DL yang hadir rutin sudah harus pecah, jangan sampai nanti sebelum sepuluh pecah karena tidak semangat-lepas satu persatu akhirnya tinggal 2 orang cewek-cowok akhirnya pacaran dan down terus bubar.

·        Jika second line dengan cepat bisa membawa DL banyak ke GM maka second line membuat GM sendiri yang dihadiri oleh Kita dan 1st line kita.

 

  1. Bagaimana cara multiplikasi:

a)Bimbing Calon leader anda untuk memimpin GM sendiri dampingi sampai 5X group meeting

b) Kalau mau pecah GM maka 2 kali sebelum GM baru terjadi maka melakukan edifikasi terhadap DL kita yang mau membuat GM (DL yang layak diedifikasi)

c) Pertama kali GM 25% ke DL ,Upline yang bimbing 75% (2jam= 30 menit DL sisanya Upline). Ke-2: 50%:50%. Ke-3: 75%:25% Ke-4: Anda hanya mendampingi dan memberikan sedikit kata motivasi atau penutup. Ke-5: sama dengan ke-4.

Ingat: JANGAN CEPAT MELEPASKANNYA KARENA GROUP-NYA ADALAH REKAN KERJA ANDA

 

  1. Lain2:
    1. Jangan melemparkan pertanyaan koclok/konyol pada saat meeting(WARNING). Terutama jika banyak DL anda yang hadir meski cuman 1 org DL Anda yang hadir mis: BV itu apa, kenapa ya bonus kok sering tidak keluar/terlambat, kenapa kok susah ya.
    2. Jangan suka menyeletuk hal yang negatif

Harus dibedakan antara permasalahan dan negatif (tidak membutuhkan jawaban tetapi hanya membutuhkan pembenaran)… tanya terus diberi tahu ternyata masih ngengkel dan menyerang…. Berminat untuk menyerang pembicara.

    1. Kalau ingin besar berarti mau tidak mau nantinya anda harus membuat group meeting sendiri.  OKI: setiap group meeting, kita harus datang supaya DL mau datang. Datang paling awal Pulang paling akhir.
    2. Selalu konsultasikan program yang dibuat dengan upline diamond kualified. Mis: Buat BOM sendiri, karena 1x pecah buat BOM sendiri maka di bawah2 akan pecah membuat sendiri.

 

à Tambahan : bagaimana agar DL kita yang datang ke group lebih banyak : sebelum menutup group training, kita tanya ke down line kita bagaimana rugi tidak, tidak mengajak down line kita, bagaimana perasaannya. Rugi khan untuk group meeting yang datang bilang ke down line anda rugi tidak datang banyak materi bagus. Diajari cara ngomong ke down line kita untuk promosi. Sampai down line kita ketagihan untuk ikut group meeting.

– Kalau mereka dalam 2 minggu menemui ada yang mau ditanyakan nanti waktu pertemuan Anda bisa menanyakan. Bagi untuk yang memberi group meeting, kalau ada yang menarik tidak apa2 dibahas lagi, walaupun sudah konsultasi pribadi contoh, Kemaren akau prospek manajer ABC ternyata mau masuk . Kita tidak menduga. Dan ini bisa meningkastkan Confidence. Sehingga orang berpikir ternyata kalangan atas juga mau menjalankan

– Group meeting harus menarik : dengan cerita, game-game, yang memberi group meeting juga menarik

– Ko Jul salah melakukan group meeting karena menggabungkan group Ginoto, Herman, Co, David. Karena yang bawah merasa kecil,tidak punya greget, tidak punya taring.. Selama group meeting :power masing2 up line belum kuat

– Koko kasih group meeting utk Co, Anda harus bangga punya Up line seperti Bpk Purwanto. Ini akan meningkatkan power bagi Purwanto

– Walaupun massanya tidak sampai 20, kalau sudah punya power langsung dipecah nggak apa-apa.Cth; Memang kita baru 2 orang tapi kita komitmen 2 minggu lagi kita akan group meeting lagi dengan membawa 10 orang. Bagaimana caranya: A, kamu bisa merekrut berapa. Tetapi selama masih di bawah kita jangan dipecah.

– Group Ginoto, ada desy, Ira. Selama koko turun di sana biarkan berkumpul. Roy punya first line baru, kalau mau masih mau gabung dengan bu ramanti atau tidak nggak apa-apa, tetapi kalau koko masih turun roy tidak boleh mecah

– Kenapa multiplikasi : biar bisa punya power sendiri-sendiri.

 

One Response to “CARA MEMBUAT GROUP MEETING”

  1. farik Says:

    rgythhhh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: