Tip Memelihara Persahabatan

Kita memang tidak bisa memilih bagaimana jenis hubungan sosial yang akan kita miliki. Tapi, kita selalu bisa memilih, teman seperti apa yang kita inginkan. Karena itu, bila Anda telah memilih teman, peliharalah dengan baik! Berikut ini adalah tip bagaimana memelihara persahabat.

1. Teman kamu bukan konselor
Dikit-dikit… curhat, dikit-dikit…curhat, pasi ini bikin teman kamu Be Te. Kecuali jika kamu bertanya terlebih dahulu pada sahabat kamu. Apakah dia mau mendengarkan masalah kamu apa nggak?

2. Bagi waktu-waktu bahagia dengan sahabat
Jika kamu punya rencana happy-happy dahulukan untuk mengundang sahabat kamu. Jangan curhat melulu atau kalau ada masalah aja kamu menghubungi dia. Berbagilah waktu senang-senang kamu dengan sahabat kamu.

3. Jangan lupa ultah teman
Nah ini-ini yang penting kamu catat. Hari-hari khusus pasti punya arti yang penting bagi sahabat kamu. So, jangan lupa kirim kartu, bunga atau sekadar ucapan selamat. Atau kalau perlu buatkan acara khusus buat dia (kalau kamu punya duit untuk itu sih…). Tindakan-tindakan ini menunjukan bahwa sahabat kamu itu punya sangat berarti bagi hidup kamu. Juga menunjukkan bahwa kamu juga punya perhatian besar padanya.

4. Jangan berkompetisi soal pujaan hati
Aduuh, ini terlarang banget! Soalnya, kasus pacar bisa bikin persahabatan jadi retak. Nggak sedikit persahabat yang dipupuk sekian lama jadi buyar akibat kasus yang satu ini. Kalau pun terjadi. Bicarakan dengan baik-baik.

5. Belajar mendengarkan
Jika ada teman yang mengeluh, siapkan diri kamu menjadi pendengar yang baik. (baca “Menjadi Teman Bicara yang Menyenangkan”)

6. Tunjukkan bahwa Anda memikirkan dia ketika Anda tidak bersamanya
Caranya macam-macam, bisa kirim kartu, e-mail, SMS, atau tinggalkan pesan di teleponnya, bila tidak sempat bertemu. Atau, bisa juga Anda kirim artikel dari majalah yang dia sukai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: