TIPS BUGAR SEPANJANG HARI

Sepanjang minggu kita bekerja, mulai pagi hingga petang. Tak jarang di akhir
minggu kita masih terus bekerja. Tak usah heran, karena tubuh kita dirancang
secara sempurna untuk bekerja, membangun bumi ini sebaik-baiknya demi
kesejahteraan kita dan generasi mendatang. Adakalanya kita melalui suatu
hari dengan penuh semangat, energetik, seolah tak kenal lelah. Sebaliknya,
tak jarang pula kita isi suatu hari dengan kelesuan, loyo dan murung. Memang
suasana hati dan fisik senantiasa naik turun. Meski begitu, bekerja seharian
penuh bersama hati dan fisik yang bugar selalu menyenangkan. Sedangkan,
bekerja bersama pikiran ruwet dan tubuh yang lesu, jauh dari kata
menyenangkan. Karena itu ada baiknya kita mensiasati bagaimana kita bisa
menumbuhkan kebugaran, menemukan energi dan semangat bekerja sepanjang hari.
Hukum bekerja itu sederhana saja: bila hati senang, kerja pun baik. Berikut
beberapa tips yang bisa anda coba untuk menemukan kebugaran jiwa dan tubuh
sepanjang hari kerja yang padat.

1. Mulailah hari anda dengan pikiran positif.

Ketika pertama kali anda membuka pelupuk mata di pagi hari, ucapkan syukur
bahwa anda masih diberi kesempatan untuk menjalani hari ini. Bersiaplah
untuk memberikan sesuatu yang terbaik dari diri anda untuk bumi ini. Lakukan
khusyu, kontemplasi, meditasi atau apa pun namanya. Ini baik agar pikiran
anda jernih dan positif. Setelah itu, ada baiknya anda setel musik ceria
kegemaran anda. Lalu, go, go, go, siap bekerja.

2. Lakukan olahraga ringan.

Berikan kebugaran pada tubuh anda dengan melakukan olahraga ringan. Hirup
udara banyak-banyak. Biarkan tubuh anda bergerak dan berkeringat. Namun, tak
usah terlalu ngoyo. Lebih baik lagi, bila anda lakukan itu bersama-sama
dengan pasangan, anak-anak, atau teman-teman anda.

3. Jangan lupa sarapan secukupnya.

Sarapan adalah pemasok bahan bakar terpenting  (gula darah) bagi tubuh.
Sarapan bukan hanya bermanfaat di pagi hari, namun juga siang dan sore hari.
Sarapan akan menghindari anda dari jajan di jam kerja, sehingga membantu
anda menjaga berat tubuh, menguatkan daya pikir dan mempertahankan semangat
kerja. Namun demikian, yang penting adalah jenis makanan yang anda makan
haruslah lengkap, terutama protein yang bisa mempertahankan kadar gula darah
sepanjang hari. Bila perlu tambahkan susu. Agar anda berselera, susun menu
yang bervariasi.

4. Atur kegiatan hari anda sebaik-baiknya.

Sebelum anda bekerja, aturlah rencana kerja anda hari ini. Susun
sebaik-baiknya sesuai dengan skala prioritas pencapaian tugas. Aturlah
tugas-tugas anda sedemikian rupa agar anda tidak mudah kelelahan di pagi
hari. Buat jadwal yang selang-seling dan sediakan waktu untuk istirahat.
Meski begitu bersikaplah fleksibel untuk mengubah rencana anda. Segala
sesuatunya bisa terjadi. Belajarlah untuk membagi dan mendelegasikan tugas.

5. Jaga terus kesegaran tubuh anda.

Jangan melulu duduk di belakang meja, sekali-kali bergerak dan
berkeringatlah. Rasakan darah anda mengalir, dan oksigen memenuhi rongga
dada anda. Minum air putih segar banyak-banyak untuk menjaga kebugaran
tubuh.

6. Istirahat itu penting.

Bekerja terus boleh-boleh saja, namun tanpa diselingi istirahat, anda akan
cepat jatuh loyo. Bahkan, petinju yang bertanding pun harus rehat selama
satu menit setiap tiga menitnya. Lakukan relaksasi dan peregangan untuk
tubuh anda, tarik nafas dalam-dalam, pejamkan mata anda sejenak, di
sela-sela pekerjaan anda. Jangan sia-siakan waktu rehat makan siang, tetapi
jangan makan terlalu kenyang. Ini malah membuat anda mengantuk. Makanlah
banyak sayur dan buah segar. Jangan tergoda untuk mengkonsumsi makanan
ringan kecuali bila anda benar-benar membutuhkannya.

7. Temukan kegembiraan dalam setiap keadaan.

Bugar bukan hanya kuat, namun segar dan penuh kegembiraan. Jangan jauhkan
humor dari pekerjaan anda. Seberat-beratnya persoalan pasti ada jalan
keluarnya. Serius tapi rileks. Jaga terus pikiran positif anda. Jauhi emosi
negatif yang menghabiskan energi saja. Tetap jalin hubungan sosial dengan
rekan-rekan anda.

8. Selesaikan pekerjaan kantor di kantor

Tuntaskan pekerjaan kantor di kantor. Ini mendorong anda untuk bekerja
produktif. Gunakan waktu setelah kerja untuk kehidupan pribadi, keluarga dan
orang-orang yang anda cintai. Isi pula dengan kegiatan sosial yang
memperhatikan sesama, menyalakan api spiritual diri anda, memperbaiki
lingkungan, dan sebagainya.

9. Cukupkan kebutuhan tidur anda.

Kendaraan pun perlu beristirahat. Juga tubuh dan jiwa anda. Dan tempat
istirahat terbaik adalah tidur yang nyenyak dan cukup. Aturlah jam tidur dan
bangun yang teratur. Ini baik untuk kebugaran anda esok hari.

10. Perbanyak bersyukur.

Buka hari anda dengan bersyukur, tutup juga hari anda dengan bersyukur. Jaga
terus pikiran positif anda. Sudahlah, jauhkan kecemasan karena terlalu
banyak harapan dan angan-angan. Nikmati apa yang dianugerahkan pada anda
selama ini. Rasakan betapa kaaaaayanya hidup anda…!

Have a positive day!

Salam Inspirasi,
Mohamad Yunus
HR & Training Manager
PT Widatra Bhakti
Moderator I2
http://www.inspirasiindone sia.com

2 Responses to “TIPS BUGAR SEPANJANG HARI”

  1. uus Says:

    bwagusS jUja…

  2. Merdeka Says:

    Tengkyu..Kan kucoba jalankan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: