Hikmah Puasa??

Bulan puasa sudah hampir tiba. Banyakkalangan yang sudah mempersiahkan berbagai hal. Mulai dari menutup tempat hiburan malam, sampai persiapan menyambut hari kemenangan. Fenomena yang hanya terjadi pada saat bulan puasa. Bulan yang penih hikmah, penuh nuansa perdamaian, kebaikan dan cinta kasih.

Tapi sayang, ini hanya terjadi 1 tahun sekali. Sesudah nya?? Kembali seperti biasa. Penuh kekacauan, penuh kemaksiatan. Tidakkah terlalu munafik??? Mungkin maksudnya dosa setahun di hapus oleh amal sebulan. Apakah ini hikmah puasa??

Puasa? Keharusan ataukah kewajiban? Tentu hasilnya akan berbeda dari jawaban tersebut. Banyak yang menganggap ini sebuh keharusan sehingga menjalankannya dengan setengah hati. Dan apa yang terjadi setelah bulan puasa lewat? Seperti orang kelaparan yang mendapatkan makanan yang banyak. Akan menjadi liar dan tidak terkendali. Apakah ini hikmah puasa??

Semua orang menahan lapar dan haus sampai magrib tiba, selama 1 bulan. Apa maksudnya? Menyiksa tubuh? Belajar hemat? Atau sebagai alasan untuk bisa bersantai ria dan meninggalkan pekerjaan sehari-hari? Selama bulan puasa, banyak konpensasi telah diberlakukan dalam hal pekerjaan. Mulai ari waktu kerja sampai tingkat kesulitan dalam pekerjaan. Untuk menghormati yang berpuasa atau untuk menghormati diri sendiri? Apakah ini hikmah puasa??

Renungkanlah!!! Apa yang didapat dari berpuasa selama 1 bulan? Mampu menahan lapar dan haus? Mampu menahan godaan dan emosi? Mungkin bisa dilakukan selama bulan puasa. Setelahnya??

Renungkanlah!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: