Enam Kunci Perubahan

Tulisan ini, saya sarikan dari guru sukses dunia: Anthony Robbins dan para tokoh sukses yang lain. 6 Keys of Change adalah buah pemikiran saya setelah belajar dan berguru kepada banyak orang sukses di dunia.
Ini adalah intisari dari Rahasia Keberhasilan mereka.
 
 
Selamat datang dalam dunia perubahan
 
Apa yang seharusnya dibutuhkan orang di seluruh planet ini, yaitu kata : Change. �Anda butuh perubahan agar masa depan anda lebih baik lagi. Untuk memperoleh sukses dibutuhkan perubahan. Agar bias mengalami perubahan dibutuhkan komitmen dan bayar harganya. Dengan mengerti
proses perubahan membuat perubahan terasa lebih indah.
 
 
Banyak orang ingin berubah, tapi kehidupannya tetap tidak mangalami perubahan. Apa yang membuat seseorang sulit berubah? Jika orang sudah membuat suatu perubahan, mengapa perubahan yang dialami hanya bersifat sementara? Saya sudah melakukan perubahan, mengapa nasib saya belum berubah juga? 
 
Anda mungkin sering mendengar pertanyaan tsb. Kuncinya : perubahan itu dimulai dari dalam ke luar, bukan dari luar ke dalam. Selengkapnya, saya berbagi tentang 6 Rahasia Perubahan.
 
 
Pengertian Tentang Sukses
 
Banyak orang salah mengartikan kata sukses dalam hidupnya. Kebanyakan orang berpikiran bahwa sukses adalah tujuan akhir. Banyak orang berpikiran bahwa mereka sukses kalau mereka berhasil melakukan hal-hal tertentu. Sebenarnya sukses itu bukanlah tujuan akhir, tapi hal-hal yang dilakukan setiap harinya. Kecenderungan anda mungkin satu hari
saya akan sukses dan satu hari saya akan banyak uang dan menjadi seseorang yang saya impikan. �Lebih sering kita berpusat pada seminar-seminar seperti ini, tapi kurang memperhatikan apa yang dilakukan
sehari-harinya. 
 
Anthony Robbins menawarkan kepada kita, satu pengertian tentang sukses,
dalam kaca mata yang baru. Jadi mulai saat ini anda akan memutuskan untuk sukses dan melakukan apa yang perlu anda lakukan setiap harinya. Dan kalau anda melakukan rencana anda setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, suatu hari impian anda akan tercapai. Jadi hari anda menjadi sukses ditentukan oleh hari-hari anda melakukan hal-hal yang telah anda rencanakan. 
 
Kenyataan saat ini, banyak orang datang ke seminar-seminar, setelah itu mengatakan saya sudah melakukan apa yang disarankan, tapi kenapa saya belum juga sukses. Saya ingin memperkenalkan kualitas pribadi Sukses dari Anthony Robbins. Bagaimana kunci sukses Anthony Robbins melakukan seminar selama 20 tahun. Kalau hari ini anda melakukan apa yang perlu anda lakukan, besok melakukan apa yang harus anda lakukan dan anda lakukan terus menerus, suatu hari anda akan jadi orang yang berhasil dalam hidup anda. Sukses adalah proses perubahan terus-menerus yang
anda lakukan tiap hari demi hari.
 
Sebagian besar sukses dan kebahagiaan anda tergantung atas penemuan anda akan apa yang anda lakukan selama proses mengejar apa yang anda inginkan. Tahukah anda bahwa 97% pekerja di dunia (termasuk juga di Indonesia) membenci pekerjaannya ? Itu berarti bahwa di segala tempat orang-orang menghabiskan rata-rata 50 jam setiap minggu melakukan sesuatu yang mereka benci dan mencoba menghasilkan banyak uang
dengan melakukan pekerjaan tersebut.
 
Ini tidak akan berhasil ! Anda hanya bisa sukses di dalam hidup anda jika anda melakukan apa yang anda nikmati. Mengapa begitu ? Karena ketika anda bekerja dengan hati dan jiwa anda (apa yang anda senangi), anda menciptakan getaran khusus dengan pikiran dan emosi anda. Dalam kenyataannya anda menciptakan getaran positif setiap saat, apapun yang anda lakukan merupakan daya tarik dan gambaran diri anda karena itu adalah hasil dari apa yang anda ciptakan. Oleh karena itu, jika anda menciptakan getaran kebencian, kemarahan,iri hati, orang lain disekeliling anda merasakan hal itu. Sebagai tambahan, orang suka atau tidak suka akan memperlakukan anda dengan cara tersebut.
 
Ini bukan jalan untuk sukses. Karir anda adalah pekerjaan anda selama hidup anda yang seharusnya bukan sesuatu yang anda benci, khususnya mengambil energi terbaik anda,kreatifitas dan hidup anda.
 
Dalam sesi seminar Firewalk, saya menyampaikan bahwa keinginan terdalam saya adalah membantu banyak orang menemukan saat pertama kali di dalam hidupnya, apa yang mereka inginkan. Dengan teknik praktis yang saya sampaikan di seminar, membantu mereka mentransformasikan hidupnya menuju sukses yang lebih gemilang. Yang pasti, audience menemukan
bahwa kekayaan sejati sebenarnya sudah ada di dalam diri mereka. Kalau di dalam NLP, dikenal Presupposistion(Prinsip berpikir) bahwa: Anda memiliki segala sumber daya yang anda butuhkan untuk sukses.
 
Jangan lupa kami tidak hanya berbicara tentang uang, kami berbicara tentang kebahagiaan yang sejati. Kehidupan jasamani, rohani, emosi, spiritual dan batiniah. Uang hanyalah bagian dari itu.
 
Ada keyakinan awal yang harus dimiliki agar orang bisa mengalami perubahan dalam hidupnya:
 
1. Masing-masing dari anda mempunyai kekuatan. Ubah sekarang juga!
 
2. Anda yang harus bertanggung jawab atas perubahan hidup anda, bukan orang lain.
 
 
Dari Mana saya akan mulai?
 
Baiklah, dari mana anda mulai ? Dari sini. Perjalanan keliling dunia dimulai dengan memutuskan langkah pertama. Ke mana anda ingin pergi dan kemudian mengorganisasi rencana anda menuju tujuan yang anda inginkan yaitu kekayaan dan kebahagiaan sejati. Lihatlah disekeliling anda saat ini, segala sesuatu yang anda lihat dimulai dari penciptaan di dalam pikiran kita.
 
Jalan anda menuju kekayaan dan kebahagiaan tidak berbeda, juga harus dimulai diciptakan di dalam pikiran kita dengan menemukan apa yang anda inginkan, kemudian mengorganisasi segala pikiran dan tindakan untuk mencapai keinginan dan impian anda.
 
 Apapun perubahan yang anda inginkan: Anda memiliki semua sumber daya yang anda butuhkan untuk sukses seperti yang anda inginkan. Pada umumnya orang menentukan batas apa yang dia bisa capai, karena mereka percaya mereka memiliki keterbatasan sumber daya.
 
Misal : Jika saya memiliki banyak uang, saya memulai bisnis saya. Jika saya lebih banyak pengetahuan saya dapat mengatasi semua masalah. Jika saya dapat tambahan dana pinjaman, bisnis saya akan lebih besar lagi. Jika gaji saya dinaikan saya akan bekerja lebih keras lagi.
 
Sesungguhnya anda memiliki semua sumber daya yang dibutuhkan untuk memperoleh apapun yang anda inginkan. 
Itu Benar!
 
Fakta: Setiap orang dilahirkan dengan kemampuan otak yang hampir sama. Namun Mengapa hanya beberapa orang yang dapat memperoleh hasil luar biasa ? 
 
 
Mengapa hanya segelintir orang disetiap masyarakat, negara yang mampu bangkitkan ide-ide cemerlang, tetap focus dan termotivasi, bertindak konsisten dan membuahkan hasil yang mengagumkan ? Perbedaannya terletak pada cara kita menggunakan otak kita
 
Pikiran, perilaku, kemampuan, keahlian anda tidak ditentukan oleh jumlah sel otak yang anda miliki, tapi lebih pada bagaimana syaraf-syaraf anda saling berhubungan membentuk jalur syaraf. Kita semua memiliki potensi otak yang sama, tapi memiliki hubungan syaraf yang berbeda. Itulah sebabnya mengapa kita berbeda dalam berpikir dan berperilaku
 
Misal : jika anda tahu ada orang yang sangat ahli dalam mengingat angka, ini hanya disebabkan otaknya memiliki lebih banyak hubungan syaraf di daerah berpikir logis mathematic. Hal yang sama terjadi pada
kebiasaan dan emosi kita. Jika anda selalu malas, tidak memiliki motivasi atau memiliki rasa takut. Kenapa ini terjadi? Ini disebabkan sel-sel otak kita saling berhubung sedemikian rupa sehingga anda secara terus-menerus memainkan emosi negatif seperti menunda-nunda pekerjaan.
 
Kabar baiknya : jika anda tidak memiliki hubungan sel syaraf yang cukup efektif pada area tertentu, anda dapat menciptakan hubungan syaraf melalui rangsangan dengan cara yang benar dan menciptakan pola mental yang benar. Anda dapat memprogram ulang pola pikiran yang membatasi diri anda
 
Sepanjang hidupnya, manusia hanya menggunakan kemampuan otaknya tidak lebih dari 5% . Sebenarnya tidak ada yang tidak dapat dicapai oleh otak manusia dengan syarat memberikan rangsangan dan strategi yang benar.
 
Cara Singkat: meniru keberhasilan orang lain
 
Jika kita dapat meniru cetak biru mental seorang pemenang, kita dapat meniru keberhasilannya. Jika kita bisa meniru cara cara orang sukses menggunakan otaknya, kitapun akan dapat meniru mereka berpikir, berperilaku, akhirnya mendapatkan hasil yang sama dengan mereka. Di dalam NLP, dikenal dengan istilah Modelling, Pengalaman saya: Jika seseorang  dapat berjalan diatas panggung dan berbicara dengan penuh percaya diri, maka kitapun dapat melakukannya pula. 
 
Sayangnya kebanyakan orang tidak pernah belajar bagaimana menjalankan dan memprogram ulang pola-pola otak mereka. Sebaliknya mereka dikuasai oleh otak mereka, berjalan dengan pilot otomatis yang hanya menjalankan program sederhana akhirnya membatasi kinerja mereka.
 
Akibatnya: Mereka akan selalu merasa ada hal-hal yang mereka tidak akan pernah mampu melakukannya,hanya karena mereka yakin bahwa hal itu tidak berada dalam kendali mereka.
 
Jika anda telah belajar bagaimana mengubah program di otak anda, program apapun, maka otak anda pun akan mengubah reaksi badan anda. Dan anda dapat menyelesaikan apapun yang anda tanamkan dalam pikiran anda. Saya mempelajari tentang cara kerja otak ini sudah sejak lama dan telah terbukti efektif setelah saya praktekkan. Sehingga saya bagikan pada anda saat ini.
 
2 tahun terakhir ini saya sering membaca banyak buku, mengikuti audio course para pembicara dunia, serta menghadiri berbagai seminar. Di seminar saya bertemu dengan beberapa rekan baru, mereka juga sering datang seminar, namun tidak menghasilkan perubahan seperti yang mereka harapkan. Sering kali mereka tidak segera menemukan jawabannya. Kenapa? Karena mereka mencari perubahan di luar sana. Kebanyakan orang menunggu
sesuatu dari luar untuk mengubah diri mereka. Yang harus mereka sadari adalah Jawaban yang mereka cari sudah ada di dalam diri mereka sendiri. Anda bisaerubah hidup anda, kecuali anda tidak mengijinkan diri anda untuk mempraktekkan apa yang sudah anda pelajari.
 
Berikut ini saya sarikan : 6 Kunci Perubahan (6 Keys of Change)
 
1. Courage : Diperlukan keberanian, kebulatan tekad dan keteguhan hati
 
2. High Confidence : Kekuatan penggerak hidup anda
 
3. Attitude: Sikap mental yang positif
 
4. New Action : Tindakan baru yang benar-benar konsisten
 
5. Goal : Target / Tujuan yang benar-benar anda inginkan
 
6. Excellence : Menjadi yang terbaik
 
Untuk menjadi sukses luar biasa, tidak ada kata selain: Jadilah yang
terbaik dibidang yang anda tekuni
 
Dengan 6 Kunci Perubahan ini, Anda dapat menghasilkan perubahan yang tarbaik dalam hidup anda.
 
* Gambar / Bagan 6 Keys of Change dapat di lihat di : www.idnlp.com
 
[bersambung]
 
 
Salam Cinta & Ketulusan Hati
 
Markus Tan
> Founder of Life Management Institute (LMI)
> Licensed Practitioner of NLP
> www.idnlp.com

One Response to “Enam Kunci Perubahan”

  1. JONIAR Says:

    yes saya sangat senang membaca artikel ini sbg pengerak otak syaraf koe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: